Walhi

Hutan dan Pesisir


Tak asing lagi bagi telinga kita mendengar jargon kebanggaan soal kayanya alam sejak bangku sekolah dasar. Dongeng soal rimbunnya hutan dan lirik kisah nenek moyang yang seorang pelaut bisa jadi gambaran yang tertanam mengenai kehidupan hutan dan pesisir Indonesia. Sayangnya, di balik kebanggaan tersebut, belum banyak dongeng dan lirik yang bercerita mengenai kerusakan yang begitu masif terjadi di wilayah hutan dan pesisir negeri kita. Berikut kami paparkan dua wilayah kerja kampanye kami beserta permasalahan yang terjadi di dalamnya selama ini.

Hutan

Dalam kampanye terkait hutan, salah satunya kami bekerja untuk perlindungan dan pemulihan ekosistem gambut. Upaya ini dilakukan melalui sejumlah cara, di antaranya: melalui pendekatan hukum, pengurangan konsesi monokultur, pemulihan fungsi ekosistem, dan pengembalian wilayah kelola rakyat yang intens dilakukan sejak tahun 2013. Pada 27 November 2014, Presiden Jokowi melakukan blusukan asap dan berkomitmen dalam mengembalikan wilayah kelola rakyat.

Dalam empat tahun terakhir, kajian dilakukan terkait metamorfosis sektor kejahatan alam, dalam kata lain: kejahatan predator ekologis. Berikut perubahannya dalam infografik di bawah ini.

Kehajatan kehutanan dan Lingkungan teradang sulit dibuktikan dalam proses penegakan hukum dengan beberapa alasan; mulai dari susahnya memvisualisasi perubahan lingkungan sebelum dan sesudah kejadian, kerusakan yang melibatkan banyak pihak dan lintas waktu, serta proses pengerusakan itu sendiri berjalan pararel dengan proses penghilangan alat bukti. Forensic Architecture salah satu pendekatan kerja mengkonstruksi proses kejadian atau skenario suatu kejahatan lingkungan, dikembangkan oleh kelompok arsitek berbasis di London yang berpengalaman dalam forensik kejahatan perang, mulai tahun 2016 memvisualisasi proses kejahatan lingkungan di ekosistem gambut Kalimantan Tengah.

 

Pesisir

Garis pantai dan pesisir Indonesia merupakan yang terpanjang kedua setelah Kanada, sepanjang 54.716 kilometer panjang garis pantai Indonesia. Begitu pun dengan masalah-masalah lingkungan yang terjadi di pesisir kita. Berikut daftarnya.

1.169 views
Adminwalhi

adminwalhi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Donasi